LEE Filters Seven5 75x90 Seascape ND Filter Set

Hitech 100×125 Graduated ND Kit-5 HE (0.3, 0.6, 0.9)

 
Rp 1.795.000
CAMERA.CO.ID
+
Tambahkan ke wish list

GRADUAL NATURAL DENSITY

Gradual Natural Density (GND), apakah saya membutuhkannya ?
Apakah filter GND masih dibutuhkan di era fotografi digital yang sudah sangat canggih seperti saat ini? Jawabannya adalah; anda sebenarnya lebih membutuhkan filter GND untuk fotografi digital sekarang ini.

Mengapa?Mungkin masih relatif sedikit orang di luar sana yang mengetahui bahwa sensor digital imaging di dalam kamera digital memiliki kepekaan yang lebih tinggi terhadap perbedaan eksposure dibandingkan pada media film. Dengan film berkualitas baik, biasanya anda akan tetap dapat merekam detail pada eksposure yang berbeda sampai dengan 8 stop. Sedangkan pada sensor digital biasanya hanya bisa merekam detail sampai dengan perbedaan 4 stop, lebih dari itu detail foto anda akan hilang karena Over Exposure (OE) atau menjadi gelap karena Under Exposure (UE).

Buat apa GND bila ada Adobe Photoshop (PS)?
Betul! Anda bisa memperbaiki foto anda dengan kesalahan eksposure dengan menaikkan atau menurunkan level pencahayaan pada area yang UE atau OE. Namun anda jangan lupa bahwa setelah image anda masuk ke Personal Computer (PC), PC anda akan mengenali image hanya sebagai jutaan pixel RGB yang memiliki gelap-terang yang berbeda.

Bila anda ingin mencoba menampilkan kembali detail bagian yang UE di program grafik editing, tentunya anda akan berhadapan dengan noise yang akan muncul pada bagian yang UE tersebut. Sebaliknya bila anda mencoba menyelamatkan bagian yang OE, apakah detail tersebut akan muncul bila kenyataannya sudah tidak ada lagi detail yang terekam oleh kamera akibat kesalahan OE ini. Hal ini terjadi karena yang anda kendalikan disini adalah replika dari pantulan cahaya yang ditampilkan dalam satu komposisi gelap terang warna RGB dari jutaan pixel di PC anda.

Bila anda menggunakan GND, yang anda lakukan adalah murni keahlian seorang fotografer. Yaitu keahlian mengatur cahaya yang masuk ke lensa sampai akhirnya direkam oleh sensor digital di dalam kamera. Dalam hal ini, yang anda lakukan adalah mengatur jumlah cahaya yang dipantulkan oleh benda-benda yang ada di dalam frame yang akan anda komposisikan menjadi sebuah hasil karya. Yang anda kendalikan di sini adalah kekuatan alam yang benar-benar terjadi di depan anda. Asli dan bukan replika di komputer anda. Proses ini sama persis seperti yang dilakukan oleh Ansel Adam, Gallen Rowell, Michael Fatali, Bjorn Roslet dan para fotografer terkenal didunia dengan kamera di tangan mereka.

Pada akhirnya semua akan kembali ke anda dan bagaimana cara anda menghabiskan waktu dalam berkarya, di alam bebas atau di depan PC. Sebagai seorang graphic editor atau fotografer? Tidak ada yang salah untuk memilih menjadi salah satu atau bahkan keduanya. Sah-sah saja.

No posts found

Tulis Ulasan