Konser Fotografi with Nikon D5 dan D500
Ia adalah Seorang fotografer pro musik dan duta Nikon Norwegia
Nama saya Arash Taheri dan saya seorang fotografer musik yang berbasis di Oslo, Norwegia. Untuk sebagian besar foto mengacu pada hard rock, progressive rock dan metal scene, dan bekerja sebagai fotografer dan penulis untuk majalah musik Norwegia ” Norway Rock Magazine “.

Nikon Norwegia menghubungi saya ketika D5 dan D500 mereka tiba. Mereka mengetahui aku menembak banyak konser di kondisi yang menantang dan begitu bersemangat untuk mendapatkan jawaban saya.

Saat kamera tiba, tidak ada yang menghambat saya dan langsung saya bergerak untuk tujuh konser yang hanya memakan waktu lima hari dengan D5, dan satu hari dengan D500.

Band yang saya foto adalah Baroness, Chris Cornell, Wolfmother, Motorpsycho, Cult of Luna dan Amaranthe “.

Saya sangat terkesan, karena kinerja cahaya rendah adalah kunci dalam bidang pekerjaan saya dan kita semua tahu, Nikon benar-benar mendorong batas-batas cahaya rendah dengan merilis D3 mereka. Mereka bahkan membuat 1,5 stop lebih baik dengan D3s.

Dengan D4 / D4S, tidak ada banyak kemajuan terkait ISO tinggi dan kontrol kebisingan. Dalam cahaya rendah yang D3s masih lebih baik, tetapi D4 / D4S memiliki dynamic range yang lebih baik.

Sampai Nikon D5 datang, D3s adalah raja kegelapan dan kamera favorit saya sepanjang masa. Untuk sementara saya menggunakan D4S, dan lalu saya menjualnya karena saya menyukai hasil file D3s yang lebih baik. Pada ISO 3200 dan 6400 itu disampaikan file yang paling luar biasa bersih. Nikon D3s kini akhirnya telah digulingkan dan Nikon D5 adalah pengganti yang layak, tuan baru dalam kegelapan.


Yang benar-benar menakjubkan dengan Nikon D5 adalah bahwa saya masih merasa nyaman ketika menembak konser di ISO 12800, seperti saya terbiasa dengan D3s di ISO 3200, mengetahui bahwa hasilnya adalah tembakan dengan tingkat noise rendah.

Dan itu memberi saya kemungkinan untuk mendongkrak shutter speed pada 1/400, 1/500 dan 1/800, dan dengan bukaan F4 dan F5, ditempat yang sama saya tidak bisa mengambil 1/250 di F2.8 dengan kamera sebelumnya. Dengan sutter speed dan lensa stop dari D5 memungkinkan saya untuk lebih membekukan musisi metal yang bergerak cepat pada kedalaman dan ketajaman yang saya inginkan. Hasil ini saja sudah cukup bagi saya untuk memesan dua Nikon D5 dan menjual D3s’es tercinta dan terhormat saya.

Selama konser pertama saya dengan D5 saya menembak dengan ISO 6400, 12800, 25600, 32000 dan 51200, dan mereka semua terlihat begitu gila, Super tajam, dengan banyak detail. Karakteristik suara yang sangat menyenangkan, mengingatkan pada kamera analog. Ini berlaku untuk D5 dan D500.


Meskipun sensor baru dan kontrol suara yang sangat baik pada ISO tinggi, fitur baru yang paling penting adalah AF Multi-CAM 20K Modul. Ini sistem autofocus baru yang luar biasa, Chip khusus yang menangani autofocus prosesor EXPEED 5. Nikon mengklaim bahwa titik tengah fokus bekerja ke -4 EV dan poin luar ke -3. Mereka yakin dapat memenuhi janji mereka. AF pada setiap frame yang saya bidik, dalam banyak kondisi kilat cahaya yang sulit dan menantang. Selama melacak titik fokus merasa seperti lem pada subjek.

Saya biasanya akan mendapatkan banyak kesalahan dari pengambilan fokus sebelumnya, tetapi sistem AF baru ini ditangani dengan begitu mudah.

Dua perbaikan besar lainnya di Nikon D5 yang memiliki perubahan besar dan berpengaruh pada pekerjaan saya adalah perosesor terbaru EXPEED 5 dan jangkauan dinamis yang lebih baik.

EXPEED 5 memiliki gradasi tonal yang lebih besar dalam rentang warna merah, kuning dan hijau. Semua warna-warna terlihat lebih hidup dan lebih detail.

Fitur penting lainnya adalah perbedaan rentang dinamis yang lebih baik dengan nilai-nilai ISO yang lebih tinggi. Aku tidak pernah akan meningkatkan ISO yang lebih tinggi dari 6400 dengan D3s dan D4S karena rentang dinamis dapat menyempit begitu cepat. Namun, ini adalah cerita yang berbeda dengan D5. File menembak dengan ISO 12800 dan 25600 tampak luar biasa – dynamic range yang bagus dengan gradasi indah dari puncak ke kulit hitam.

Kami harapkan Nikon D5 akan membuat kami terkesan, tapi aku sangat terkejut dan senang ketika Nikon juga memperkenalkan D500. Nikon D500 pada dasarnya adalah mini dari D5, itu adalah adik dari penggemar dan pro telah menunggu. Sama EXPEED 5-prosesor dan 20K Modul yang sama AF Multi-Cam membuat kamera sedikit feisty. Semua teknologi baru yang besar dari D5 namun dalam tubuh DX kompak yang sangat menakjubkan.

Saya mengambil seluruh aksi panggung Wolfmother dengan D500 dan sangat terkesan dengan bagaimana sensor DX bisa menghasilkan gambar yang sebanding dengan kamera full frame seperti D810 dan D750. Saya hampir tidak bisa melihat dimana sistem autofokus bekerja.

Saya belum pernah melihat kamera DX sebagai alat yang bisa direkomendasikan untuk fotografer profesional, selain D500 Nikon ini.

Sepertiga dari harga D5, setengah ukuran dan bobot body serta kinerja yang dapat bersaing dengan kamera yang paling canggih di pasar, Nikon D500 terlihat menjadi pemenang instan. Sebuah kamera yang bangga bisa berdiri di hall of fame dengan legenda digital lain seperti D3s dan D700.

Pasar kamera membutuhkan D5 dan D500, begitu pernyataan kuat yang keluar dari Nikon

#konserD5

#konsermusicD500

#newscameracoid